Kajian Karakteristik Sosial, Ekonomi, Dan Lingkungan Keluarga Miskin Di Desa Mundusewu Dan Desa Nggrimbi Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang

    ABSTRAK

    Yannuar Lesmana Topan, Ita M.Z., Suharsono, Suhadi H.S.,

    Permasalahan kesejahteraan masyarakat di Indonesia masih merupakan permasalahan yang belum bisa ditemukan penyelesaiannya secara tuntas. Desa Mundusewu dan desa Nggrimbi adalah desa yang yang terletak di kecamatan Bareng kabupaten Jombang. Desa Mundusewu dan desa Nggrimbi pada periode 2006-2011 menuntukan perkembangan jumlah keluarga miskin yang bertolak belakang. Pada periode 2006-2011 desa Mundusewu menunjukan penurunan jumlah keluarga miskin paling besar di kecamatan Bareng, sedangkan sebaliknya desa Nggrimbi pada periode yang sama menunjukan peningkatan jumlah keluarga miskin paling besar di kecamatan Bareng.

    Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor-faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan yang menyebabkan perbedaan kesejahteraan keluarga miskin yang terjadi di desa Mundusewu dan desa Ngrimbi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, sebagai populasi seluruh kepala keluarga miskin di desa Mundusewu dan desa Ngrimbi yang berjumlah 837 kepala keluarga. Sampel dalam penelitian ini adalah 270 kepala keluarga dengan rincian 182 kepala keluarga dari desa Mundusewu dan 88 kepala keluarga dari desa Ngrimbi yang ditentukan menggunakan random sampling . Teknik pengumpulan data yaitu melalui dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan Chi Square.

    Berdasarkan hasil uji Chi Square di desa Mundusewu diketahui pendidikan (p=0.267), usia (p=0.201), beban tanggungan (p=0.978), pendapatan (p=0.978), pengeluaran (p=0.557), bantuan pemerintah (p=0.004), bencana alam (p=0.007). Berdasarkan uji diatas dapat diketahui bahwa di desa Mundusewu faktor yang berpengaruh adalah bantuan pemerintah dan bencana alam dengan p<0.05. Sedangkan di desa Nggrimbi diketahui pendidikan (p=0.970), usia (p=0.603), beban tanggungan (p=0.760), pendapatan (p=0.414), pengeluaran (p=0.573 ), bantuan pemerintah (p=0.028), bencana alam (p= p=1.000). Berdasarkan uji diatas dapat diketahui bahwa faktor yang berpengaruh di desa Nggrimbi adalah bantuan pemerintah dengan p<0.05. Selain itu melalui uji chi square untuk mengetahui perbedaan faktor-faktor yang berpengaruh antara kedua desa diketahui pendidikan (p=1.000), usia (p=0.945), beban tanggungan (p=0.217), pendapatan (p=0.125), pengeluaran (p=0.003), bantuan pemerintah (p=0.635), bencana alam (p=0.000), atau dengan kata lain faktor yang memiliki perbedaan yang signifikan diantara kedua desa adalah pengeluaran dan bencana alam dengan p<0.05. Selain faktor diatas faktor lain adalah jenis mata pencaharian dan aksesibilitas, secara umum pekerjaan kepala keluarga miskin di kedua desa adalah buruh tani, dan aksesibilitas desa Nggrimbi lebih baik dari pada desa Mundusewu sehingga pertumbuhan ekonomi lebih cepat di desa Nggrimbi.

     Kata kunci:        keluarga, miskin, tingkat kesejahteraan, ekonomi, sosial,  lingkungan, chi square

    Tentang Penulis:

    1. Yannuar Lesmana Topan, 094274041, Tgl lulus 22-8-2013, Jurdik Geografi-FIS-UNESA
    2. Ita Mardiani Zain, Pembimbing, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi-FIS-UNESA
    3. Suharsono, Penguji 1, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi-FIS-UNESA
    4. Suhadi HS, Penguji 2, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi-FIS-UNESA

    Sitasi:

    Topan, Y.L., Zain, I., M., Suharsono, Saputra, S.,H., 2013. KAJIAN KARAKTERISTIK SOSIAL, EKONOMI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA MISKIN DI DESA MUNDUSEWU DAN DESA NGRIMBI KECAMATAN BARENG KABUPATEN JOMBANG. Skripsi. Jurdik Geografi, FIS,UNESA. Surabaya.

    Please publish modules in offcanvas position.

    Free Joomla! template by L.THEME