Pengetahuan

  1. Mampu menganalisis karakteristik peserta didik, karakteristik materi (content knowledge), merencanakan,  mengevaluasi/asesmen, dan menyusun tindak lanjut dalam pembelajaran Geografi yang inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS (PLO-1).
  2. Mampu menganalisis karakteristik wilayah dan pewilayahan (regionalisasi) dalam konteks sumberdaya dan bencana berdasarkan prinsip dan pendekatan Geografi guna mendukung pembangunan berkelanjutan (PLO-2).
  3. Mampu mengolah, menganalisis, menyajikan data dan informasi geosfer dengan menggunakan teknologi geospasial untuk pembelajaran dan penelitian geografi (PLO-3).

 Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang geografi dan pendidikan geografi (PLO-4).
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri maupun kerja sama yang menghasilkan hasil bermutu dan terukur (PLO-5).
  3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang geografi dan pendidikan geografi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (PLO-6).

 Keterampilan Khusus

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi/asesmen, dan menyusun tindak lanjut dalam pembelajaran Geografi dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS (PLO-7).
  2. Mampu memformulasikan, mengolah, menganalisis data, dan menyajikan informasi geosfer baik aspek fisik maupun aspek manusia dengan menggunakan teknologi geospasial untuk pembelajaran dan penelitian geografi (PLO-8).
  3. Mampu menerapkan teori kewilayahan untuk perencanaan dan pembangunan wilayah secara berkelanjutan (PLO-9).

 Sikap

  1. Mengaplikasikan nilai, norma, dan etika akademik (PLO-10).
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (PLO-11).
  3. Mampu bekerja sama, memiliki kepekaan social, kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya (PLO-12).