Prodi S1 Pendidikan Geografi - FISH UNESA dalam beberapa bulan terakhir mengemban amanah menjadi Center of Excellent (CoE) Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan UNESA. Dalam proses perjalanannya tim CoE KMBKM yang diketuai oleh Dr. Wiwik Sri Utami, M.P. telah menghasilkan kurikulum merdeka belajar sesuai dengan panduan yang diamanahkan tersebut. Kurikulum ini nantinya akan diterapkan pada proses perkuliahan bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FISH Unesa mulai angkatan 2019 dan 2020 setelah seluruh tahapan penyusunan kurikulum ini terselesaikan. Salah satu tahapan yang harus dilalui adalah tahap uji publik terhadap kurikulum ini.

Uji publik kurikulum MBKM telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Nopember 2020 dengan menghadirkan narasumber utama yaitu Prof. Dr. Mukminan, guru besar pendidikan geografi dari Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kesempatan ini, juga hadir stakeholder dari berbagai instansi seperti sekolah dan MGMP, kantor dinas, BIG, BKKBN, Asosiasi profesi, konsultan, universitas lain anggota P3GI serta alumni dan mahasiswa. Uji publik ini bertujuan untuk menjaring masukan dari berbagai pihak untuk perbaikan dan peningkatan kurikulum tersebut. Sejalan dengan tujuan dari kegiatan ini, banyak kritik dan saran yang sangat berharga dari narasumber ataupun stakeholder didapatkan dan dicatat yang nantinya dijadikan dasar perbaikan kurikulum MBKM S1 Pendidikan Geografi - FISH - UNESA. Tahap uji publik ini akan dilanjutkan dengan seminar diseminasi kurikulum yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Desember 2020.

Atas berhasilnya acara ini, Jurusan Pendidikan Geografi menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. Dr. Mukminan sebagai narasumber dan seluruh undangan yang telah secara aktif memberikan banyak masukan berharga kepada tim CoE. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Dekan FISH UNESA beserta jajarannya yang telah mengijinkan dan memfasilitasi penyelenggaraan acara ini sejak awal hingga tahap uji publik ini.