1. Sikap

  1. Mengaplikasikan nilai, norma, dan etika akademik (S1)
  2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S2)
  3. Mampu bekerja sama, memiliki kepekaan social, kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya (S3)


2. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam bidang geografi dan pendidikan geografi (KU1)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri maupun kerja sama yang menghasilkan hasil bermutu dan terukur (KU2)
  3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang geografi dan pendidikan geografi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU3)


3. Keterampilan Khusus

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi/asesmen, dan menyusun tindak lanjut dalam pembelajaran Geografi dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS (KK1)
  2. Mampu memformulasikan, mengolah, menganalisis data, dan menyajikan informasi geosfer baik aspek fisik maupun aspek manusia dengan menggunakan teknologi geospasial untuk pembelajaran dan penelitian geografi (KK2)
  3. Mampu menerapkan teori kewilayahan untuk perencanaan dan pembangunan wilayah secara berkelanjutan (KK3)


4. Pengetahuan

  1. Mampu menganalisis karakteristik peserta didik, karakteristik materi (content knowledge), merencanakan,  mengevaluasi/asesmen, dan menyusun tindak lanjut dalam pembelajaran Geografi yang inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS. (P1)
  2. Mampu menganalisis karakteristik wilayah dan pewilayahan (regionalisasi) dalam konteks sumberdaya dan bencana berdasarkan prinsip dan pendekatan Geografi guna mendukung pembangunan berkelanjutan (P2)
  3. Mampu mengolah, menganalisis, menyajikan data dan informasi geosfer dengan menggunakan teknologi geospasial untuk pembelajaran dan penelitian geografi (P3)