Perbedaan Memahami Wilayah Indonesia Antara Siswa Sma Negeri Di Perkotaan Dan Pedesaan (SMA Negeri 1 Bojonegoro dan SMA Negeri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro)

    Serlita Dian Savitri,  Ketut Prasetyo, Agus Sutedjo, Sulistinah

    ABSTRAK

    Generasi penerus bangsa yang berkualitas, adalah generasi penerus bangsa yang mempunyai kepedulian terhadap negara.Hal tersebut dikarenakan  Indonesia terdiri atas daratan dan perairan yang sangat luas.Dalam memahami wilayah Indonesia yang sangat luas diperlukan media yaitu berupa peta.Diharapkan siswa dapat memahami wilayah Indonesia di luar kepalanya (kognitif mapping). Kemampuan peta kognitif seseorang di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain perbedaan gender dan kondisi ekonomi. Dengan mengacu hal tersebut, peneliti akan mengambil subjek penelitian berupa siswa di daerah perkotaan dan pedesaan.Penelitian ini penting dilakukan sebagai salah satu bentuk integritas bangsa.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara siswa SMA Negeri perkotaan dan pedesaan di Kabupaten Bojonegoro, untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara siswa laki – laki di wilayah perkotaan dan pedesaan, untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara siswa perempuan di wilayah perkotaan dan pedesaan, untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara siswa yang termasuk dalam ekonomi tinggi di daerah perkotaan dan pedesaan, dan untuk mengetahui perbedaan memahami wilayah Indonesia antara siswa yang termasuk dalam ekonomi rendah di daerah perkotaan dan pedesaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Lokasi penelitian dilakukan di SMA N 1 Bojonegoro (yang mewakili daerah perkotaan) dan SMA N 1 Sumberrejo (yang mewkili daerah pedesaan).Populasi yang digunakan sejumlah 204 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 131 siswa.Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pemberian angket pada siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui perbedaan dengan menggunakan uji t-test sampel bebas.

    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam memahami wilayah Indonesia antara siswa di perkotaan dan pedesaan. Siswa di daerah perkotaan lebih banyak menjawab benar (Sig 0.94) dan Sig.(2.tailed) 0.000. Siswa laki – laki di daerah perkotaan lebih banyak menjawab dengan benar (Sig 0.418) dan Sig.(2.tailed) 0.000. Siswa perempuan di daerah perkotaan lebih banyak menjawab benar (Sig 0.319) dan Sig.(2.tailed) 0.001. Siswa yang termasuk dalam ekonomi tinggi di pekotaan lebih banyak menjawab benar dari pada siswa yang termasuk dalam ekonomi tinggi di pedesaan (Sig 0.418) dan Sig.(2.tailed) = 0.001. Siswa yang termasuk dalam ekonomi rendah di pekotaan lebih banyak menjawab benar dari pada siswa yang termasuk dalam ekonomi rendah di pedesaan (Sig 0.081) dan Sig.(2.tailed) = 0.000.

     Kata Kunci : faktor perbedaan gender, faktor tingkat ekonomi, perbedaan dalam memahami wilayah Indonesia antara siswa SMA Negeri di  perkotaan dan pedesaan.

     Tentang Penulis :

    1. Serlita Dian Savitri, NIM 094274227, Tgl Yudisium 29 Mei 2013, Jurusan Pendidikan Geografi – FIS – UNESA
    2. Ketut Prasetyo, Pembimbing, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi – FIS – UNESA
    3. Agus Sutedjo, Penguji 1, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi – FIS – UNESA
    4. Sulistinah, Penguji 2, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi – FIS – UNESA

     Sitasi :

    Savitri, S., Prasetyo, K., Sutedjo, A., Sulistinah, 2013, PERBEDAAN MEMAHAMI WILAYAH INDONESIA ANTARA SISWA SMA NEGERI DI PERKOTAAN DAN PEDESAAN (SMA NEGERI 1 BOJONEGORO DAN SMA NEGERI 1 SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi. Jurdik Geografi, FIS, UNESA. Surabaya.

    Please publish modules in offcanvas position.

    Free Joomla! template by L.THEME