Studi Perbedaan Pasar Tradisional Kutorejo Kecamatan Kutorejo Dengan Pasar Tradisional Tanjungsari Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto

    Abstrak

    Eridanila Firmandani, Suharsono, PC. Subyantoro, Sri Murtini

    Pasar Tradisional Kutorejo dan Pasar Tradisional Tanjungsari adalah pasar kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto. Jarak dari pusat kota menuju Pasar Tradisional Kutorejo lebih dekat dari pada Pasar Tradisional Tanjungsari, namun dari segi keramaian pengunjung lebih banyak di Pasar Tanjungsari dari pada di Pasar Kutorejo. Peranan sarana dan prasarana transportasi merupakan peranan yang penting untuk menentukan perkembangan pusat-pusat kegiatan, akan tetapi Pasar Tradisional Tanjungsari memiliki faktor lain yaitu dari segi kebersihan, keamanan dan kenyamanan yang bisa menarik pengunjung untuk datang ke Pasar Tradisional Tanjungsari dari pada pasar Tradisional Kutorejo.

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan lokasi, kualitas fasilitas, kelengkapan barang, harga barang dan kondisi stand di Pasar Tradisional Kutorejo Kecamatan Kutorejo dengan Pasar Tradisional Tanjungsari Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto.Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data ini dengan menggunakan uji deskriptif kuantitatif, uji chi kuadrad dan uji t test.

    Nilai lokasi dari pusat kota menuju Pasar Kutorejo memiliki nilai 82, sedangkan lokasi dari pusat kota menuju Pasar Tradisional Tanjungsari memiliki nilai 75. Sehingga nilai lokasi di Pasar Kutorejo lebih baik daripada Pasar Tanjungsari. Nilai fasilitas di kedua pasar ini juga hampir sama yaitu 44 untuk Pasar Tradisional Kutorejo dan 60 untuk Pasar Tradisional Tanjungsari, sehingga kualitas fasilitas di Pasar Tanjungsari lebih baik daripada Pasar Kutorejo. Kelengkapan barang yang diperjualbelikan di Pasar Tradisional Kutorejo dan Pasar Tradisional Tanjungsari memiliki perbedaan yang signifikan χ2hitung  >  χ2tabel  ,  (21,42>9,488). Berdasarkan hasil uji T test diketahui bahwa nilai p=0. Dengan menggunakan α=0,05 akan memiliki perbedaan yang signifikan jika p<α, ternyata (0,<0,05). Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara harga di Pasar Tradisional Kutorejo dan Pasar Tradisional Tanjungsari. Hasil uji chi kuadrad pada kondisi stand yaitu (15,78>12,592) maka ( χ2hitung  >  χ2tabel ) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kondisi stand di Pasar Tradisional Kutorejo dan Pasar Tradisional Tanjungsari.

     

    Kata Kunci : Perbedaan Pasar Tradisional, Pedagang.

     

    Tentang Penulis :

    1. Eridanila Firmandani, NIM. 10040274208, Tgl Yudisium : 27-05-2014, Jurdik Geografi-FIS-UNESA
    2. Suharsono, Pembimbing, Dosen Jurusan Geografi-FIS-UNESA
    3. Subyantoro, Penguji 1, Dpsen Jurusan Pendidikan Geografi-FIS-UNESA
    4. Sri Murtini, Penguji 2, Dosen Jurusan Pendidikan Geografi-FIS-UNESA

     

    Sitasi :

    Firmandani, E., Suharsono, Subyantoro, P.C., Murtini, S., 2015. Studi Perbedaan Pasar Tradisional Kutorejo Kecamatan Kutorejo Dengan Pasar Tradisional Tanjungsari Kecamatn Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Skripsi. Jurdik Geografi, FIS, UNESA. Surabaya.

    Please publish modules in offcanvas position.

    Free Joomla! template by L.THEME