Sasaran

    Prodi S1 Pendidikan IPS sudah menetapkan sasaran antara lain:

    1. Peningkatan dan Pemantapan kualiatas sarajana atau lulusan Ilmu Pengetahuan Sosial;
    2. Pelaksanaan penelitian keilmuan bidang Ilmu Pengetahuan Sosial;
    3. Pelaksanaan aktivitas pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan metodologi, pendekatan dan Ipteks Ilmu Pengetahuan Sosial.
    4. Peningkatan dan pemantapan tata kelola prodi melalui optimalisiasi Tri Dharma PT  efisien  dan efektif, serta  memperluas jaringan kerjasama.

     

    Berdasarkan visi, misi dan tujuan maka ditetapkan sasaran S1 Program Studi Pendidikan IPS FISH UNESA adalah sebagai berikut.

    Dari sisi Input:

    Memperoleh calon mahasiswa yang bermutu, ditandai dengan meningkatnya jumlah peminat dan wilayah penyebaran. Dalam memenuhi target capaian tersebut, maka prodi S1 Pendidikan IPS menyusun strategi pencapaian sasaran dari tahun 2017 sampai 2026. Strategi pencapaian sasaran terdiri dari enam komponen, yaitu: 1). tatapamong, leadherhip (kepemimpinan), system tata kelola dan system penjaminan mutu; 2). Mahasiswa dan lulusan; 3). Sumberdaya manusia; 4). Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik; 5). Pembiayaan, sarana-prasarana, dan sisteminformasi; 6). Riset dan PKM,serta kolaborasi. Keenam bagian strategi pencapaian sasaran dikembangkan menjadi program-program kegiatan sehingga secara bertahap dapat ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya sampai mencapai target sasaran yang ideal.

     

    Dari sisi Proses:

    1. Kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan minimal 12 kali tatap muka.
    2. Dosen mampu melaksanakan perkuliahan dengan jumlah pertemuan 16 x pertemuan dan memiliki penilaian kinerja minimal baik.
    3. Dosen mampu melaksanakan kegiatan penelitian minimal 1 kali dalam setahun dan pengabdian masyarakat minimal 1 kali dalam setahun.
    4. Dosen mampu menghasilkan karya ilmiah yang ditulis dalam jurnal berskala nasional minimal 1 artikel dalam setahun, jurnal akreditasi nasional minimum sekali pada 3 tahun dan publikasi internasional minimum sekali pada dua tahun.
    5. Dosen mampu mengikuti kegiatan dalam forum ilmiah tingkat nasional dan internasional untuk mempublikasikan hasil penelitian atau gagasan minimum sekali pada jangka setahun, dan di tingkat internasional minimum sekali dalam dua tahun.
    6. Melibatkan mahasiswa dalam berbagai pelatihan untuk menunjang prestasi akademik maupun non akademik, seperti : Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam wujud Coaching Klinik pada PKM AI, GT dan lima bidang, Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM),

     

    Dari sisi Output:

    1. Mahasiswa S1 Pendidikan IPS mampu menyelesaikan kuliah dalam waktu rata-rata 8.4 semester.
    2. Target rata-rata Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tidak kurang dari 3.35

     

    Dari sisi Outcome:

                Mahasiswa S1 Pendidikan IPS mampu membuat penelitian dengan produk berupa laporan penelitian dan artikel ilmiah dimana dua arikel penelitian tersebut didesiminasikan dalam prosiding Seminar Nasional Pada tanggal 03 Nopember 2018. Prestasi akademik lainnya pada diri mahasiswa Pendidikan IPS berupa juara Nasional Presentasi favorit Pimnas di UNY tahun 2018.

     

    Dalam awal tahun 2108, Prodi S1 Pendidikan IPS akan menyusun Renstra dan pedoman Skripsi IPS. Terhadap Renstra , visi misi dan tujuan strategis, indikator kinerja program, Prodi S1 Pendidikan IPS  2017-2021 akan  dilakukan penyelarasan dengan Renstra  Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum dan Universitas Negeri Surabaya. Target  kinerja jangka menengah dalam renstra akan dirinci dalam target-target kinerja tahunan dalam rencana kinerja tahunan dan penetapan kinerja. Sasaran strategis berorientasi hasil, bukan proses/kegiatan, dan diukur dengan indikator-indikator kinerja program. Kegiatan yang akan dirancang selaras dan memiliki hubungan kausalitas dengan sasaran.

    Please publish modules in offcanvas position.

    Free Joomla! template by L.THEME