Universitas Negeri Surabaya berhasil mendapatkan juara 1 dalam program KMI 2020 yang hasilnya diumumkan pada hari Sabtu, 5 Desember 2020. Tim yang diusung oleh Jurusan Pendidikan Geografi dengan komposisi tim Prima Rahman, Jelita Nurrachmawati, dan Andrew Devara Harmawan yang dibimbing langsung oleh Ibu Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si. berhasil mengalahkan perwakilan dari universitas lain dalam kompetisi tersebut. Tim ini mengangkat potensi bisnis dalam bidang budidaya yaitu bonsai kelapa. Tanaman kerdil ini memukau para dewan juri dan menarik minat banyak orang. Ditinjau dari segi ekonomi, bisnis bonsai kelapa yang diusung oleh Tim Bons Co-Nut meraup untung hingga 19 juta dalam satu tahun usaha. Hal tersebut menjadi salah satu tolak ukur dalam penilaian program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia.

Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia ini dilatarbelakangi oleh kondisi perekonomian Indonesia saat ini dan mendatang yang membutuhkan banyak profesi wirausaha. Seiring dengan revolusi industri 4.0, penting bagi kaum milenial khususnya mahasiswa Indonesia untuk membangun karakter kewirausahaan. Nilai karakter ini merupakan salah satu solusi perkembangan dan pertumbunan ekonomi. Sejalan dengan hal tersebut, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan Program Kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa dan kemampuan kewirausahaan mahasiswa Indonesia.

Program Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Belmawa ini terdiri atas Workshop Kewirausahaan, Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi StartUp Mahasiswa Indonesia (ASMI), serta pendampingan Melekat oleh Praktisi / Pengusaha dan dosen melalui Pendampingan Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI). Mahasiswa dalam melaksanakan KBMI dan ASMI tahun 2020 terus didampingi praktisi dan dosen dengan harapan memiliki usaha semakin kuat dan bertumbuh yang kemudian dilanjutkan untuk mengikuti ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo sebagai puncaknya. KMI berlangsung mulai tanggal 30 November sampai 5 Desember 2020 via zoom dan hopin. Program KMI tahun 2020 tahun ini dipegang oleh Universitas Podomoro atas mandat dari pihak Belmawa.