Wirausaha di Indonesia jumlahnya masih sangat kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan. Hingga saat ini mindset lulusan perguruan tinggi masih terpaku pada pola pikir untuk mencari kerja bukan membuat pekerjaan. Sementara itu, lapangan kerja yang tersedia jumlahnya masih jauh lebih sedikit dibandingkan tenaga kerja potensial yang ada. Hal ini akhirnya menimbulkan permasalahan baru bagi masyarakat ataupun negara yaitu pengangguran. Kasus ini tidak lepas pula terjadi pada lulusan perguruan tinggi yang masih berorientasi untuk mencari kerja. Pengangguran intelektual adalah salah satu bentuk pengangguran yang ada pada saat ini.

Berdasar kondisi tersebut, Jurusan Pendidikan Geografi UNESA selalu berusaha menanamkan wawasan kewirausahaan kepada seluruh mahasiswanya. Workshop dari Mata Kuliah Softskill dilaksanakan dengan mengundang pakar dan praktisi wirausaha yang telah sukses dibidangnya. Melalui kegiatan ini diharapkan tumbuh semangat dan membuka wawasan mahasiswa terhadap dunia wirausaha dengan berbasis pada ilmu yang telah dimilikinya.

Workshop softskill kali ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Nopember 2020 dengan mengundang Bapak Agus Tri Ismanto, SE. sebagai narasumbernya. Narasumber kali ini adalah CEO dari PT. Redision Teknologi Indonesia yang bergerak dalam bidang teknologi game digital. Perusahaan ini telah berkembang di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, China, hingga Korea. Sayap usaha yang dikembangkan oleh perusahaan ini dibawah pimpinan narasumber, saat ini mengembangkan satu aplikasi dengan nama SUWUN. Aplikasi ini merupakan satu alat bantu pembayaran yang praktis dan sangat efisien untuk bertransaksi. Aplikasi ini dapat dengan mudah diperoleh melalui Appstore untuk diinstall di HP atau gadget pribadi.

Workshop diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019 dan 2020. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini, yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan kepada narasumber terkait seputar kewirausahaan. Pada akhir sessi, narasumber memberikan hadiah kepada seluruh peserta yang aktif berupa voucer senilai Rp 100.000,- dan Rp. 50.000,- melalui aplikasi SUWUN yang telah didownload oleh seluruh mahasiswa.