Kuliah pembelajaran bahan ajar merupakan perkuliahan kerjasama dengan mendatangkan dosen asing. Perkuliahan ini  merupakan salah satu bentuk MoU antara Unesa dengan universitas di luar negeri dengan tujuan untuk meningkatkan  kualitas pendidikan di lembaga.  Keterlibatan perguruan tinggi asing ini  sudah beberapa kali  dilakukan  oleh pihak luar  ke Unesa namun  sebaliknya  dari  pihak  Unesa baru saat ini berkesempatan dapat  memanfaatkan kerjasama  ini dalam bentuk perkuliahan.

Jurusan Pendidikan  Geografi kali ini berkesempatan mengundang  Ass. Prof. Dr. Yohannes Tschapta seorang  dosen dari University Bielefeld Germanny Faculty for Educational Sciences AG-5 School Pedagogy and General Teaching Methods. kegiatan ini dilakukan pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar di Jurusan Pendidikan Geografi. Perkuliahan ini disepakati dengan Ass. Prof. Dr. Yohannes Tschapta selama 4 x pertemuan, yaitu pada pertemuan 1-4, mulai tanggal 15 September 2020, 22 September 2020, 29 September 2020 dan 6 Oktober 2020 pkl. 09.00-10.00 WIB.

Pada kesempatan perkuliahan pertama dihadiri oleh total 128 orang sebagai berikut yang terdiri dari dosen Jurusan Pendidikan Geografi, Dosen dari Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Dosen pengampu matakuliah Pengembangan Bahan Ajar Jurusan Pendidikan Geografi, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2019, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, dan Mahasiswa S2 Pendidikan Geografi. Dalam kesempatan ini, turut hadir pula Dra. Ita Mardiani Zain, M.Kes. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Geografi dan Arinto Nugroho, M.Hum dari Jurusan Ilmu Hukum yang berperan sebagai translator. Kuliah dilakukan secara daring mulai pukul 09.00 - 10.00 WIB. Pada perkuliahan pertama mengangkat tema "Object and Think" yang membahas tentang obyek dan materi dalam sebuah proses pembelajaran.